Trik Mengatasi Asam Lambung Berlebih

Posted by Dwi Santoso Saturday, January 26, 2013 0 comments
Perut manusia berisi cairan asam alami yang diproduksi untuk mengaktifkan enzim pencernaan yang akan memecah berbagai jenis makanan yang telah dikonsumsinya. Namun, asam lambung berlebih dapat menyebabkan masalah parah dan gejala nyeri. Gejala yang paling umum yang terkait dengan kelebihan asam lambung adalah sakit maag. Kelebihan asam kebocoran ke kerongkongan dan menyebabkan sensasi terbakar di tempat dekat letaknya jantung. Cara yang baik untuk menyingkirkan kelebihan asam ini adalah dengan tidak makan makanan pedas. Makanan pedas bisa menyebabkan peradangan jaringan. Jika hal tersebut konsisten akan menimbulkan mulas dan refluks asam sehingga dapat menyebabkan kerusakan parah pada jaringan sensitif dari kerongkongan dan tenggorokan.

Berurusan dengan asam lambung berlebih mungkin dari setiap individu dapat mengikuti beberapa langkah dasar untuk membantu mengatur kadar pH isi perut mereka.

Ikuti Langkah Berikut Ini :

  1. Memahami penyebab asam lambung berlebih. Ini merupakan langkah pertama yang penting untuk mengatasi sebelum Anda mencoba untuk mengatur keasaman perut Anda dengan menggunakan metode alami atau obat-obatan. Seringkali, perubahan gaya hidup dapat mengembalikan kadar asam dalam perut yang tepat.Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama dari asam lambung berlebih. Air memiliki pH netral, berarti itu bukan merupakan asam atau basa. Ketika tubuh Anda memiliki jumlah air yang cukup, secara alami dapat mengatur keasaman isi lambung. Gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia dapat juga berkontribusi terhadap penumpukan asam lambung berlebih. Ketika tubuh tidak menerima cukup makanan atau dipaksa untuk memuntahkan makanan  yang dicerna, asam lambung dapat meningkat. Sehingga mengubah gaya hidup Anda untuk menangani masalah ini adalah cara yang efektif untuk memerangi asam lambung berlebih.
  2. Perhatikan gejala yang mungkin terkait dengan asam lambung berlebih. Pengetahuan tentang gejala  asam perut akan membantu Anda mengidentifikasi apakah pH perut Anda adalah penyebab di balik gejala Anda.Kemungkinan gejala asam lambung berlebih termasuk mulas, kembung, gas berlebih, gangguan pencernaan, mual, kepenuhan atau adanya ulkus. Gejala lain mungkin termasuk bau mulut, rambut rontok, sendawa atau hidung tersumbat. Semua gejala ini mungkin menjadi indikasi bahwa asam lambung perut Anda tidak proporsional dan harus diatur.
  3. Memahami faktor yang berkontribusi terhadap asam lambung berlebih. Makanan yang Anda makan dapat meningkatkan kadar asam lambung jika makanan sulit dicerna atau sangat asam dalam konten. Makanan pedas dan makanan asin dapat juga berkontribusi terhadap penumpukan asam lambung berlebih.
  4. Hilangkan kebiasaan buruk yang berhubungan dengan kesehatan Anda yang dapat berkontribusi pada penumpukan asam lambung berlebih. Ini termasuk :
    Menahan diri dari merokok, yang dapat menyebabkan penumpukan asam lambung dan meningkatkan kandungan asam lambung. Hal ini dapat mengakibatkan mulas berkepanjangan dan masalah perut lainnya.
    Menahan diri dari atau mengurangi konsumsi alkohol, yang juga dapat meningkatkan kandungan asam lambung dan menyebabkan masalah asam perut dan gejalanya.
  5. Mengkonsumsi makanan secara teratur dan menjaga keseimbangan makanan  yang sehat, bukan junk food atau makanan dengan gula tinggi dan isi garam. Makanan yang tinggi serat dapat membantu mengatur sistem pencernaan dan dapat menurunkan kadar asam lambung.
  6. Minum segelas susu untuk membantu mengatasi dampak asam lambung berlebih. Bagi individu yang hanya memiliki terjadinya sesekali kelebihan asam lambung, segelas susu dapat membantu menyerap kelebihan asam dan mengurangi kadar gejala asam lambung meningkat.
  7. Di toko lokal Walmart atau lainnya, Anda mungkin menemukan berbagai jenis solusi antasida. Anda harus memilih yang tepat untuk tipe tubuh Anda. Dua jenis utama adalah kalsium berbasis, dan aluminium hidroksida-berbasis. Beberapa orang memiliki kepekaan atau alasan lain untuk menghindari kelebihan kalsium, sementara yang lain khawatir tentang asupan alumunium berlebih. Jika Anda umumnya memiliki mulas, Anda mungkin ingin meminta dokter Anda yang tepat untuk Anda. Ambil tablet antasida satu atau dua atau satu sendok teh obat antasida cair setelah makan besar, atau makanan pedas, atau makanan asin untuk membantu mencegah penumpukan asam lambung.
  8. Jika heartburn adalah terjadinya harian, bisa jadi bahwa lapisan kerongkongan Anda telah terkikis dari waktu ke waktu dari paparan asam konstan. Hal ini dapat membangun dirinya kembali, tetapi akan memakan waktu yang tidak terkena asam untuk melakukannya. Mempertimbangkan untuk mengambil obat antasida resep untuk membantu melawan efek dari masalah asam lambung yang konsisten. Selama obat antasid counter digunakan berdasarkan kasus per kasus. Resep obat, di sisi lain, yang diambil setiap hari sebagai tindakan pencegahan terhadap penumpukan asam lambung.
  9. Kunyah mint untuk menenangkan isi asam lambung dan membantu meningkatkan pencernaan yang efektif dan penurunan gejala yang berhubungan dengan penumpukan asam.
  10. Makan makanan perlahan-lahan untuk menghindari menelan udara berlebih. Ketika perut terisi dengan udara, kembung tidak nyaman dan tekanan dapat terjadi. Ketika udara ini dikeluarkan melalui sendawa, hal itu mungkin membawa asam lambung berlebih ke kerongkongan dan menyebabkan rasa panas. Dengan makan dan minum perlahan-lahan, Anda dapat mengurangi jumlah udara yang tertelan saat makan.
  11. Hindari makan makanan berlebih. Over-makan membuat asam lambung meningkat untuk mencerna semua makanan itu, dan karena perut sudah penuh, asam memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menyerang kerongkongan.
    Untuk lebih banyak ide untuk membantu Anda memperlambat ketika makan, meninjau Cara makan perlahan, Cara makan perlahan-lahan untuk menghindari makan berlebihan dan Bagaimana untuk memulai gerakan slow food.
  12. Hindari minuman berkarbonasi dan kacang-kacangan yang juga dapat meningkatkan jumlah gas yang diproduksi di perut. Tingkat gas meningkat tidak dapat menyebabkan kelebihan asam, tetapi gas ini dapat memberikan asam ke bagian tubuh yang sensitif terhadap keasaman tinggi cairan lambung.
  13. Terlibat dalam teknik relaksasi dan kegiatan Menghilangkan ketegangan. Peningkatan tingkat stres dapat memicu peningkatan produksi asam lambung. Bisul, luka, dan luka pada lapisan dalam lambung dan kerongkongan yang sering dikaitkan dengan tingkat stres yang tinggi.
  14. Berolahraga secara teratur. Latihan ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan akan memberikan kontribusi untuk mengurangi gejala gangguan pencernaan, terutama sebagai sumber mengurangi penumpukan stres. Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik saat berolahraga.
Selamat mencoba, Semoga bermanfaat!
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Trik Mengatasi Asam Lambung Berlebih
Ditulis oleh Dwi Santoso
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://informasikesehatanplus.blogspot.com/2013/01/trik-mengatasi-asam-lambung-berlebih.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment