Manfaat Mengetahui Golongan Darah

Posted by Dwi Santoso Thursday, June 27, 2013 0 comments

Arti Golongan Darah

Golongan darah tidak hanya sebagai pelengkat di KTP Anda. Tapi juga membantu mencegah risiko kesehatan, dalam keadaan darurat dan sebagainya.
Jika Anda sampai saat ini tak mengetahui, segera ke puskesmas terdekat untuk memeriksakannya.

Menurut beberapa penelitian, terdapat hubungan antara golongan darah tertentu dengan risiko sebuah penyakit.
Banyak manfaat lain jika Anda tahu golongan darah Anda baik itu A, B, AB atau O?

1. Untuk transfusi darah
Mengetahui golongan darah sangat penting ketika Anda membutuhkan transfusi darah, seperti saat kecelakaan atau penyakit. Seperti golongan darah O positif yang pasokannya cukup langka.

2. Menghindari penyakit tertentu
Selain hemolisis, ada kelainan genetik lain yang juga mengancam ibu dan bayi yang dikandung. Terutama jika ibu berdarah rhesus negatif (Rh-), sedangkan suami berdarah rhesus positif (Rh+). Masalah ini biasanya terjadi pada perkawinan antar bangsa. Mengetahui golongan darah akan mengurangi risiko berbagai penyakit.

3. Membantu memantau diet
Jika mengetahui golongan darah, maka akan mempermudah diet Anda. Beberapa orang perlu membatasi asupan karbohidrat karena kurang cocok dengan golongan darahnya.

4. Risiko gumpalan darah

Penelitian Denmark menjelaskan bagaimana golongan darah berinteraksi dengan genetik untuk risiko trombosit vena (DVT) yang menyebabkan pembekuan darah di kaki bagian bawah. Pembekuan darah ini dapat mengalir ke paru-paru dan mengancam nyawa.
Setelah menganalisa data sekitar 66.000 ribu orang selama 30 tahun ditemukan bahwa orang tipe A, B, dan AB memiliki 40 persen risiko lebih tinggi mengalami DVT dibandingkan golongan darah O.

5. Mengetahui Risiko Penyakit Jantung

Ilmuwan Harvard menganalisis lebih dari 77.000 data orang dan menemukan bahwa mereka berdarah AB memiliki risiko tertinggi (32 persen) terkena penyakit jantung dibandingkan golongan darah lainnya.
Orang dengan tipe darah B dan A memiliki risiko 11 persen dan 5 persen lebih besar. Hingga kini belum diketahui secara pasti penyebabnya tetapi berpendapat bahwa golongan darah A berkaitan dengan peningkatan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan golongan darah O justru sebaliknya. Sedangkan golongan darah AB berisiko inflamasi.

6. Mencegah Kanker perut


Studi di tahun 2010 dari Karolinska Institute Swedia menyebutkan bahwa orang dengan golongan darah A memiliki kesempatan 20 persen lebih besar terkena kanker lambung dibandingkan orang berdarah O dan B.

Sementara itu, mereka yang bergolongan darah O memiliki peningkatan risiko sakit maag, dan lebih rentan terhadap bakteri Helicobacter pylori yang menyebabkan luka lambung.

7. Masalah kesuburan

Peneliti dari Albert Einstein College of Medicine di New York dan Yale University wanita dengan golongan darah O dua kali lebih mungkin memiliki kadar FSH lebih tinggi, sedangakn mereka bergolongan darah A memiliki kadar FSH rendah.

Tingginya kadar FSH (follicle-stimulating hormone) menjadi indikator bahwa cadangan telur di indung telurnya berkurang lebih cepat, sehingga dapat mengurangi peluang kehamilan pada wanita berusia 30-an dan 40-an.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat Mengetahui Golongan Darah
Ditulis oleh Dwi Santoso
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://informasikesehatanplus.blogspot.com/2013/06/manfaat-mengetahui-golongan-darah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment