Manfaat Bekam Mengatasi 72 Macam Penyakit

Posted by Dwi Santoso Friday, March 8, 2013 47 comments
Manfaat Bekam
Manfaat bekam dengan terapi bekam atau kop banyak dipilih oleh masyarakat untuk mengatasi penyakitnya. Pengobatan dengan cara membuang racun di dalam darah ini mampu mengatasi 72 macam penyakit.

Bekam atau alhijamah adalah tehnik pengobatan dengan jalan membuang darah kotor atau racun yang berbahaya dari dalam tubuh melalui permukaan kulit. Perkataan alhijamah berasal dari bahasa arab yang berarti pelepasan darah kotor. Istilah bekam berasal dari bahasa melayu. Di Indonesia pengobatan alternatif ini dikenal pula dengan istilah kop atau cantuk. Sekilas bekam memang menyeramkan karena kelihatan terjadi pendarahan di bawah kulit. Padahal sebenarnya tidak seseram itu. Dalam terapi bekam, darah yang di ambil adalah darah di dermis (kulit jangat) dan bukan dari pada pembuluh darah.

Ada Dua Jenis Terapi Bekam

Dalam terapi bekam dikenal dua jenis, bekam kering dan bekam basah. Mamfaat bekam kering yaitu untuk melegakan sakit secara darurat. Bisa juga digunakan untuk meringankan nyeri urat-urat punggung karena sakit rematik dan nyeri punggung. Bekam kering baik bagi orang yang tidak tahan suntikan jarum dan takut melihat darah. Kulit yang dibekam akan tampak merah kehitam-hitaman selama 3 hari. Bekam kering dilakukan dengan menghisap permukaan kulit dan memijat daerah sekitarnya tanpa mengeluarkan darah kotor.

Sedangkan bekam basah dilakukan setelah melakukan bekam kering. Jadi setelah bekam kering, kita melukai permukaan kulit dengan jarum tajam, lalu disekitarnya dihisap dengan alat cupping set dan hand pump untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Lamanya setiap hisapan 3 sampai 5 menit dan maksimal 9 menit. Lalu darah kotornya dibuang. penghisapan tidak lebih dari 7 kali. Darah kotor berupa darah merah pekat dan berbuih. Selama 3 jam setelah di bekam, kulit yang lebam itu tidak boleh disiram air.

Pengobatan bekam ini tidak sulit, asal tahu titik-titik letak penyakitnya insyaallah dapat melakukan terapi bekam. Menurut teori bekam, ada lebih dari 350 titik di tubuh manusia. Namun dalam praktik pengobatan hanya 12 titik utama yang sering menjadi obyek sentuhan pengobatan, yakni di daerah leher, kepala, pinggang, dada dan kaki. Pada kepala terdapat tiga titik utama yaitu satu titik ummu mughits dan dua titik qomahduah.

Ummu mughits di atas kepala merupakan titik utama bekam, yang sekaligus merupakan pertemuan ratusan titik dari seluruh tubuh, seperti vertigo, polip, gangguan saraf telinga, penyakit kulit, depresi, sampai gangguan ilmu hitam atau sihir.

Manfaat Bekam Mengatasi Penyakit Ringan Hingga Berat

Sedangkan dileher bagian belakang, tepatnya antara rambut dan telinga, terdapat titik quamahduah. “Titik qomahduah dan ummu mughits merupakan titik yang selalu digarap dalam sebuah terapi. Sentuhan terhadap titik yang lain diperlukan sesuai keluhan pasien,” bekam bisa mengobati hampir semua penyakit. “Nabi Muhammad SAW mengisyaratkan bahwa bekam bisa mengobati 72 macam penyakit, dari yang berat seperti stroke, lever, ginjal, jantung, asma, darah tinggi, kolesterol, sampai yang ringan seperti masuk angin,” 

Untuk penyakit berat, proses bekam tidak bisa di lakukan sekali, tetapi berkali-kali. Hal ini disebabkan proses penyembuhan terapi ini secara bertahap. Jadi tidak sekali terapi langsung sembuh. Tetapi pengobatan apapun harus bertahap, tidak sekali diobati langsung sembuh. Khusus pasien stroke, penderita langsung dibekam saat baru diserang stroke. Titik-titik yang dibekam juga tidak hanya di yang terletak di punggung, namun juga di kaki dan tangan. Bekam tidak hanya dilakukan jika sudah sakit. Orang yang sehat pun bisa di bekam, agar tubuhnya bisa tetap segar atau untuk menjaga stamina.

Gaya hidup masyarakat sekarang, yang kurang sehat sehingga stamina tubuh mudah menurun dan jatuh sakit. “makan makanan yang mengandung pengawet, zat pewarna, atau fast food, polusi, tanpa disadari sudah membuat tubuh tidak sehat, dan mengakibatkan terjadinya penumpukan racun dalam tubuh. Racun-racun ini bisa dibuang melalui bekam”.  Banyak manfaat yang bisa didapat meskipun pasien tidak mengalami sakit tertentu yang memerlukan pengobatan.” Setelah bekam, sirkulasi darah jadi lancar dan imunitas tubuh jadi meningkat karena darah kotor telah dibuang.”

Meskipun begitu, bekam tidak boleh dilakukan dalam jangka waktu yang berdekatan. Paling cepat sebulan sekali.” Karena bekam ini menyedot stamina tubuh,” Itu pula sebabnya, tidak sembarang orang bisa melakukan terapi bekam. Anak-anak dibawah 3 tahun, lansia dan penderita darah rendah tidak dianjurkan karena mereka tidak memiliki stamina yang baik.”Itulah sebabnya, idealnya sebelum bekam, pasien harus memeriksa tensi darah dan tes gula darah terlebih dahulu. kalau kadar gula darahnya di atas 500 sampai 700 maka hindarilah bekam basah”

Pengobatan alami seperti bekam, memang dipercaya tidak memiliki efek samping dibanding pengobatan dengan obat-obat kimia.Gejala yang timbul setelah bekam biasanya agak meriang. “Sebenarnya ini bukan efek samping, tapi lebih pada reaksi tubuh yang menjadi sedikit meriang atau sedikit mual. Itu dikarenakan tubuh beradaptasi kembali setelah pembebasan darah yang tadinya mampet. Dan karena menyedot stamina, setelah bekam dianjurkan untuk tidak melakukan senggama selama dua hari. Agar stamina cepat kembali, pasien disarankan untuk mengkonsumsi madu dan minum minuman manis"
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat Bekam Mengatasi 72 Macam Penyakit
Ditulis oleh Dwi Santoso
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://informasikesehatanplus.blogspot.com/2013/03/manfaat-bekam-mengatasi-72-macam.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

47 comments:

Unknown said...

makasih informasinya gan.... aq jg pernah di bekam gan..

Unknown said...

terima kasih atas infonya. http://rumahsehatarasy.com/

Unknown said...

Jika terdapat darah beku di otak.. perubatan bekam bagus ke??

Anonymous said...

Saya tertarik dg artikel yang di tampilkan dalam web ini ,
saya tunggu artikel yang baru

Anonymous said...

terapi bekam memberikan solusi alternatif untuk sehat tanpa biaya mahal dan pengobatan kimiawi yang berefek samping

Unknown said...

bekam memang solusi terbaik buat pengobatan

Unknown said...

ada kawanku bilang.. bekam ini cara sehat yang dapat lisensi dari langit

riau said...

ijin paste pak

Unknown said...

Asslmkm..matur nuwun ilmu nipun pak...sangat bermanfaat.

intropeksi said...

Bekam....untuk kesehatan tubuh manusia, resep dari zat yang menciptakan manusia.....

YAYASAN AL- ASROR said...

YAYASAN PERGURUAN JUGA SANGAT SETUJU BAGUS UTUK PENGOBATAN SUNAH ROSUL

Saiful. said...

Infonya sangat bermanfaat sekali..

Unknown said...

Kalau alergi bisa gak

Mang pecu said...

Insyaallah mau nyoba

sman 1 lebak wangi said...

Mksh infonya, smg Allah membalasnya dg kebaikan yg banyak

sman 1 lebak wangi said...

Mksh infonya, smg Allah membalasnya dg kebaikan yg banyak

Bekam Anugrah said...

Saya tertarik dengan artikel yang di tampilkan dalam blog ini .Saya tunggu artikel terbarunya.terima kasih

Unknown said...

Aku ingin kerja di tmpat yg ada bekamnya dan ngumpulin uang untuk buka usaha sendiri. Semoga terlaksana

Unknown said...

Dengan berbekam berarti kita melaksanakan sunnah rossul.

Unknown said...

besar manfaat bekam ya ? bagus juga dicoba.

Tanto Herbal Anugrah said...

Pengobatan yang paling edeal dan efektif adalah bekam.

Unknown said...

terimakasih informasinya.... Smg Alloh senantiasa menjaga kesehata kita semua... Aaaamiiiin yra

Unknown said...

Kalo diabetes boleh bekam kaga

Unknown said...

Saya sudah sudah sering bekam... Badan terasa enak

Unknown said...

Saya sudah sudah sering bekam... Badan terasa enak

Unknown said...

assalamu alaikum Saudaraku, Bagi yang ingin melakukan terapi bekam untuk wilayah Kota Makaasar, bisa hubungi kami di via tlp/sms :081245000448 - 082311887760 Kami melayani panggilan kerumah, hanya Rp. 70.000,- (bebas titik)

Unknown said...

Apakah bekam dpt menyembuhkan Hepatitis b

Unknown said...

Apakah bekam dpt menyembuhkan Hepatitis b

Unknown said...

Apakah bekam dpt menyembuhkan Hepatitis b

Unknown said...

Izin Copas,Thank's

7lebah said...

selamat siang artikelnya sangat bermanfaat, salam sehat dan sukses selalu. Oh iya di china telah ditemukan alat canggih yang dapat mengatasi sakit fisik akut maupun kronis seperti lumpuh akibat stroke, rematik, osteoporosis, nyeri sendi, dll. http://bit.ly/2f7Kdv5

Unknown said...

Yang mau bekam hubungi ane di 081617471802

Unknown said...

Yang mau bekam hubungi ane di 081617471802

adhystarwars said...

Assalamualaikum, alhamdulillah artikelnya sangat membantu sekali, semoga Allah membalas dengan kebaikan

# Bekam Sehat said...

assalamualaikum, terima kasih untuk informasinya..sangat bermanfaat ..

sy izin bwt menyalin artikel.a..mudah"n bermanfaat buat semuanya

GRAMEDIA PUSAT DEPOK said...

awalnya takut,tapi enak setelah dikop,dibekam,sepertinya ingin mengulang kembali

soekartono Online said...

Syukron infonya

Syaiun said...

Info yang sangat berguna lagi bermanfaat. Semoga Allah merahmati anda...

Dari Pahang, Malaysia Barat.

hari arek malang said...

Bekam memang cara yg paling tepat

Tanto Herbal Anugrah said...

Pengobatan bekam memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia terutama yang ingin mengamalkan sunah nabi.
Sehat badannya dapat pahalanya.
Semoga bermanfaat

# Bekam Sehat said...

Makasih ia gan Untuk ilmu yang sudah di bagikan^
Alamat blog nya hampir samaan ia gan sama punya sy, mampir dan sharing" ia gan, mengenai ilmu bekam ini..
#Mampiriagan^

http://informasinyabekam.blogspot.co.id/

Unknown said...

Yang ingin belajar bekam untuk wilayah sukabumi bisa menghubungi WA 085724245553 , Salam sehat dengan Bekam 🙏🙏

Unknown said...

kami ada menyediakan rawatan bekam di area jitra kedah, lelaki wanita pun boleh buat.

0143106848(solehan)

Unknown said...

Sangat bermanfaat

Unknown said...

Sangat bermanfaat

khasiatku said...

Artikel tentang manfaat terapi bekam yang sangat berguna nih

Unknown said...

Mantap.

Post a Comment