Terapi Mengatasi Leukimia Dengan Cara Alami

Posted by Dwi Santoso Tuesday, November 27, 2012 0 comments
Leukemia adalah momok yang sangat ditakuti apalagi sampai HBnya turun drastis. Hampir semua type leukemia terutama pada fase fase lanjut akan mengalami penurunan kadar HB bahkan pada fase fase awal untuk type akut pun gejala menurunnya HB kerap menjadi hal yang biasa terjadi seiring meningkatnya sel sel leukosit (blast) yang karena keganasannya memakan sel sel darah merah yang masih baik, sehingga penderita leukemia sering dikait kaitkan dengan istilah Tranfusi darah yang dalam masyarakat awam kadang salah menyebutkannnya, hingga berubah menjadi Cuci darah.

Perlu juga diketahui bahwa HB itu singkatan dari Hemaglobin yaitu molekul yang berada dalam sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen untuk didistribusikan keseluruh tubuh. Warna merah pada darah serta kualitas darah manusia dapat ditentukan oleh HB ini. Penurunan HB pada manusia bisa terjadi karena banyak hal, diantaranya karena penyakit ginjal, dan pemberian cairan intra-vena (infus) yang berlebihan. Selain itu dapat pula disebabkan oleh obat-obatan tertentu seperti antibiotika, aspirin, antineoplastik, indometasin (antiradang) dan lain lain.


Pada penderita leukemia, penurunan HB yang sangat signifikan terjadi karena adanya keganasan pada sel sel darah putih yang merusak sel sel darah merah yang masih sehat hingga jumlahnya menurun dan otomatis darah tidak lagi bisa menjalankan fungsi utamanya membawa dan mendistribusikan oksigen keseluruh tubuh terutama ke otak. kemudian bisa diperparah juga dengan penggunaan obat obatan sitostatika (kemoterapy) yang diberikan untuk menekan dan menghancurkan sel sel darah putih yang sudah berubah menjadi ganas itu, karena selain membunuh sel darah putih obat obatan sitostatika juga secara otomatis akan merusak sel sel darah merah yang masih relatif baik.

Obat untuk meningkatkan HB ternyata tidak banyak dan yang saya ketahui adalah metildopa dan gentamicin. Pada dasarnya obat obatan itu hanya berupa pemberian mineral tertentu untuk mengeluarkan kadar air dalam darah sehingga diharapkan darah kembali bisa menjalankan fungsi utamanya. Sedangkan yang umum dilakukan oleh para dokter untuk menaikkan HB itu sebenarnya hanya dengan pemberian multi vitamin dan mineral bahan bahan pembangun darah serta makanan yang juga banyak mengandung vitamin pembentuk darah dan diharapkan tubuh akan dapat memproduksi darah dengan sendirinya secara alamiah.

Jika keadaan darah sudah sangat sedikit yang ditandai oleh HB yang rendah maka tranfusi darah adalah alternatif yang terahir. Dan perlu juga diketahui bahwa pemberian tranfusi darah tidak disarankan untuk jangka panjang, melainkan hanya untuk keadaan darurat saja.

Cara mengatasi leukimia
Untuk menaikkan HB  supaya tubuh yang sedang sakit itu bekerja dengan alami untuk memproduksi darahnya sendiri, dibutuhkan situasi dan kondisi tubuh yang relatif baik dimana beberapa organ penting pembangun darah masih harus bisa berfungsi dengan baik yakni tidak mengalami kerusakan yang cukup berarti. Berikut langkahnya;

Makan
Makan adalah kegiatan yang paling penting dan utama dalam proses pembuatan darah dimana tanpa makan proses pembuatan darah bisa dibilang mustahil untuk dapat dilakukan dengan alami. Dan untuk penderita leukemia yang ingin bertahan dengan baik, maka makanlah 3 sampai 4 kali sehari dengan porsi menurut kebutuhan sehari hari.

Namun pertanyaannya adalah, bagaimana mau makan jika perut membesar karena adanya pembengkakan limpa dan mual berkepanjangan karena efek obat obatan sitostatika (kemo) yang terus dicekoki kedalam tubuh kita ?

Jawabannya adalah menambah air rebusan temulawak sebagai jamu yang diminum setiap hari. Selain memperbaiki fungsi organ hati dan limpa, temulawak juga dikenal berfungsi untuk menambah nafsu makan dan mempermudah buang air besar (BAB) hingga metabolisma tubuh bisa berjalan dengan sempurna.

Minum
Minum air putih yang umum kita dengar jika ingin mendapatkan tubuh sehat adalah delapan gelas setiap hari, namun buat orang yang sakit leukemia yang berharap kualitas hidupnya serta produksi darahnya berjalan dengan baik harus lebih banyak dari 8 gelas terutama pada pagi hari setelah bangun dari tidur guna menggantikan cairan tubuh dengan yang baru agar tubuh menjadi segar sepanjang hari dan proses metabolisma dan pembentukan darah berjalan sempurna.

Suplement
Banyak definisi berbeda tentang suplement, namun disini adalah makanan tambahan yang berupa asupan vitamin, mineral, asam amino, enzim dan lain lain yang diberikan untuk menambah kayanya unsur unsur zat pembangun tubuh dan darah dimana dirasa masih sangat kurang dari apa yang kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi sehari hari.
Suplement itu bukan obat, meskipun penyebutan untuk suplement penambah darah belakangan ini kerap disebut dengan obat penambah darah, Dan banyak varian obat obatan penambah darah yang beredar luas dipasaran dengan berbagai merek serta bentuknya.

Buah-buahan
Mengkonsumsi buah buahan setiap hari, paling tidak satu atau dua macam buah yang kita makan setiap hari, meskipun tidak semua buah buahan dapat meningkatkan kualitas dalam produksi darah, tetapi paling tidak vitamin dan mineral serta enzim yang terdapat pada buah buahan itu bisa membantu daya serap pada tubuh.

Istirahat
Banyak dari kita yg tidak menyadari pentingnya istirahat terutama tidur, karena ketika kita tidur itulah organ organ tertentu dalam tubuh kita bekerja maksimal, diantaranya adalah proses pembuatan dan pembentukan darah merah.

Kesimpulanya adalah:

Untuk menaikkan kadar HB dalam darah khususnya buat penderita leukemia yaitu dengan makan yang banyak dan bergizi setiap harinya, jika tidak bisa makan terlalu banyak karena berbagai alasan, boleh sedikit sedikit yang penting sering. Kemudian minum suplement penambah darah juga setiap hari, lalu cukup minum, cukup makan buah buahan dan cukup istirahat setiap harinya dan yang terakhir yang tidak boleh ditinggalkan adalah BERDOA, karena semua yang telah kita lakukan itu hanyalah sebatas usaha saja sedangkan hasilnya hanya Allah yang kuasa untuk menentukan.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Terapi Mengatasi Leukimia Dengan Cara Alami
Ditulis oleh Dwi Santoso
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://informasikesehatanplus.blogspot.com/2012/11/terapi-mengatasi-leukimia-dengan-cara.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment